Create your own at MyNiceProfile.com

Jumat, 12 Oktober 2012

Ilmu Sosial Dasar (ISD)


Pengertian Ilmu Sosial Dasar


    Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang memperdalam tentang masalah sosial, didalam masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi social, sosiologi, antropologi social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah).
A. Sekilas tentang ilmu – ilmu sosial, ilmu pengetahuan sosial dan ilmu – ilmu sosial dasar.
telah kita ketahuai bahwa sumber dari semua ilmu adalah di filsafat / filosofi, baik ilmu alam maupun ilmu sosial dilihat dari pengembangannya bermula dari ilmu filsafat. Kemudian lahirlah 3 ( tiga ) cabang ilmu pengetahuan, yaitu :
 • Natural sciences
 meliputi fisika, kimia, biologi, astronomi ( IPA ).
• Social sciences
 meliputi sosiologi, politik, ekonomi, sejarah, psikologi ( IPS ).
 • Humanities
 meliputi bahasa, agama, kesenian dan kesusasteraan.

B. Pengertian masalah sosial
Pengertian masalah sosial ada 2, yaitu :
 • Warga umum ( awam )
 Segala sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan umum adalah masalah sosial.
 Menurut para ahli yang menangani masalah sosial
 • Suatu kondisi atau perkambangan yang berwujud dalam masyarakat yang mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat itu secara keseluruhan.

1. Tujuan Ilmu Sosial Dasar

   Tujuan ilmu sosial dasar adalah membantu perkembangan pola pikir manusia khususnya pelajar/mahasiswa dan kepribadian agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap golongan terpelajar di Indonesia. 
 1). Memahami,mengetahui dan juga menyadari adanya kenyataan sosial dan maslah sosial yang ada di dalam masyarakat.
 2). Peka terhadap masalah sosial untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya dan memberi solusi.
 3). Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya.
4). Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian warga Indonesia agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
 5). Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat.

2. Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar

   Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda-beda oleh para ahli khususnya ahli ilmu sosial. Karena adanya perbedaan sudut pandang  dan  latar belakang disiplinnya  ilmu.
 Konsep-konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer  yang sangat diperlukakn untuk mempelajari masalah-masalah sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar  ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan sosial. Bertolak dari kedua konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:
 1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran, pola pendapat dan pola tingkah laku
 baik secara individu ataupun kelompok.
 2). Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang itu seringkali menyebabkan timbulnya konflik atau permasalahan , kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan kelompok. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial  yang salaing berkaitan satu dengan yang lainnya.

Sumber                                     : www.Google.com
Di tambahkan dan di edit oleh    : Ilham Nur Fajar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar